-

Nama Sayoeti Disandangkan Ke SMA Negeri Titian Teras

Kamis, 05 Januari 2012

Info Jambi: Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) meresmikan SMA Titian Teras menjadi SMA Negeri Titian Teras Haji Abdurrahman Sayoeti, Rabu (04/1) bertempat di kompleks SMA Titian Teras Pijoan Muaro Jambi. Pengalihan Status SMA Titian Teras menjadi SMA Negeri Titian Teras Haji Abdurrahman Sayoeti diharapkan mampu meningkatkan prestasi sekolah ini setelah baru-baru ini menjadi Juara I LCC tingkat Nasional,“Prestasinya harus lebih baik dari yang sudah-sudah, kalau masih sama sewaktu masih berbentuk yayasan berarti tidak ada kemajuan,” ujar Gubernur.

Pengalihan status dari pengelolaan yayasan menjadi negeri diakui HBA merupakan wujud kepedulian masa depan anak-anak Jambi. Jika masih dalam bentuk yayasan, pemerintah akan sulit memberi bantuan karena terikat aturan dimana pemerintah hanya bisa memberi bantuan hibah dengan jeda waktu yang ditentukan. Saat ini SMA Titian Teras sudah menjadi sekolah yang bertaraf nasional dan rangking 22 SMA favorit seluruh Indonesia. Hal inilah yang mendorong Gubernur untuk segera menjadikannya sekolah negeri sesuai dengan aturan dari Kementerian Pendidikan, “SMA bertaraf nasional itu langsung dibiayai Provinsi, kita ingin agar SMA ini akan lebih baik,” kata HBA.

HBA juga merasa bangga dengan prestasi alumnus SMA TT yang berhasil memenuhi cita-cita penggagasnya Alm H. Abdurrahman Sayoeti, “Melihat display alumnus tadi, sudah banyak yang memegang jabatan-jabatan strategis, ada di Arab Saudi, ada di angkatan, baik itu Angkatan Darat, Angkatan Laut, Udara dan lain sebagainya. Itu suatu kebanggaan dan kita bisa bayangkan sepuluh tahun yang akan datang mereka memegang jabatan-jabatan puncak. Itu yang diharapkan oleh Bapak Drs. H. Abdurahman Sayoeti,” tutur HBA.

Terkait pemberian nama Abdurrahman Sayoeti, diakui HBA merupakan bagian dari penghargaan atas jasa mantan Gubernur Jambi tersebut. “Dua tahun menjadi ajudan dan dipersiapkan menjadi pemimpin dengan berbagai arahan, bagi saya, Sayoeti tidak bisa dilupakan. Yayasan Titian Teras adalah gagasannya. Nama Titian Teras Negeri Abdurrahman Sayoeti untuk mengenang jasa-jasa beliau,” ucap HBA dengan nada lirih.

“Saya bangga sebagai anak didik beliau, saya masih diberi kesempatan untuk meresmikan rumah sekolah yang beliau dirikan ini menjadi SMA Negeri Titian Teras Haji Abdurrahman Sayoeti,” lanjutnya masih dalam nada haru.

Sebelumya dalam sambutan ketua yayasan Drs. H. Hasip Kalimuddinsyam menyampaikan hasil rapat yayasan untuk menyerahkan dan menjadikan TT sekolah negeri. “Kalaulah gubernur bukan Bapak Hasan Basri Agus, Insya Allah tidak akan saya serahkan SMU Titian Teras ini,” ujar Hasip.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi H. Idham kholid menuturkan konsep pendidikan SMA Titian Teras mengedepankan empat tujuan; keimanan dan ketaqwaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, disiplin, dan kepribadian, kejujuran, tanggung jawab dan pantang menyerah. Pada tahun anggaran 2008/2009 Dinas Pendidikan Provinsi telah menitipkan satu kelas yang seluruhnya dibiayai APBD Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Titian Teras. Tahun 2006 SMA Titian Teras telah ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, sementara perkembangan jumlah siswa dari tahun 1994-2000 setiap tahunnya menerima kurang lebih 70 siswa baru yang semuanya dibiayai Yayasan Pendidikan Jambi.

Dilanjutkan Idham, mulai tahun anggaran 2001 biaya pendidikan menjadi beban orang tua sehingga menimbulkan keprihatian akan menurunnya prestasi sekolah ini. “Pemerintah Provinsi Jambi dapat memenuhi ketentuan pasal 146 Peraturan Perundangan Tahun 2010 tentang Pemerintah Provinsi paling sedikit harus menyelenggarakan satu SMP, satu SMA, satu SMK bertaraf internasional. Setelah mengalami berbagai proses administrasi maka diterbitkan Peraturan Gubernur No. 54 Tahun 2011 Tentang Organisasi dan Tata Usaha Kerja Sekolah Menengah Atas Titian Teras Haji Abdurrahman Sayoeti Provinsi Jambi,” ujar Idham